Alat-alat fisika



·         stopwatch untuk menghitung waktu. biasanya kalau lomba lari sama lomba renang menghitung waktu antara start dan finish pakai alat stop watch. di handphone / ponsel juga ada fitur stopwatch untuk menghitung waktu dari 0 sampai batasan tertentu
·         Amperemeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur kuat arus listrik. Umumnya alat ini dipakai oleh teknisi elektronik dalam alat multi tester listrik yang disebut avometer gabungan dari fungsi amperemeter, voltmeter dan ohmmeter.Amper meter dapat dibuat atas susunan mikroamperemeter dan shunt yang berfungsi untuk deteksi arus pada rangkaian baik arus yang kecil, sedangkan untuk arus yang besar ditambhan dengan hambatan shunt.Amperemeter bekerja sesuai dengan gaya lorentz gaya magnetis. Arus yang mengalir pada kumparan yang selimuti medan magnet akan menimbulkan gaya lorentz yang dapat menggerakkan jarum amperemeter. Semakin besar arus yang mengalir maka semakin besar pula simpangannya.
·         Voltmeter adalah suatu alat yang berfungsi untuk mengukur tegangan listrik. Dengan ditambah alat multiplier akan dapat meningkatkan kemampuan pengukuran alat voltmeter berkali-kali lipat.
Gaya magnetik akan timbul dari interaksi antar medan magnet dan kuat arus. Gaya magnetic tersebut akan mampu membuat jarum alat pengukur voltmeter bergerak saat ada arus listrik. Semakin besar arus listrik yang mengelir maka semakin besar penyimpangan jarum yang terjadi.
·         Neraca pegas dilengkapi dengan dua jenis skla, yaitu skala satuan besaran massa
[kilogram] dan skla satuan besaran gaya [newton]. hal ini berart, neraca pegas dapat
dipakai untuk mengukur massa dan berat benda.
Fungsi
neraca pegas (dinamometer) adalah timbangan sederhana yang menggunakan pegas sebagai alat untuk menentukan massa benda yang diukurnya neraca pegas mengukur ketegangan pegas, yang sebenarnya adalah tekanannya,
cara menggunakan neraca pegas
Benda yang akan diukur massanya, digantung pada pengait neraca. skala yang di
tunjukan oleh penunjuk neraca, sama dangan nilai massa benda yang diukur.
skala satuan besaran massa yang di tunjukan oleh penunjuk neraca adalah lima.berarti
massa benda tersebut adalah lima kg


·         Neraca s lengan dilengkapi dua pirinngan dan anak timbangandengan berbagai satuan massa. Piringan digunakan sebagai tempat untuk meletakan benda yang akan diukur massanya. anak timbangan digunakan sebagai satuan besaran perbandingan.
Neraca lengan biasanya berfungsi untuk menimbang atau menentukan Berat atau masa jens suatu benda yang sama neracalengan juga digunakan untuk membandingkan suatu bebda yang diletakan di sebuapiringan yangdiletak kan di tembangan

·         Jangka sorong adalah suatu alat ukur panjang yang dapat dipergunakan untuk mengukur panjang suatu benda dengan ketelitian hingga 0,1 mm. keuntungan penggunaan jangka sorong adalah dapat dipergunakan untuk mengukur diameter sebuah kelereng, diameter dalam sebuah tabung atau cincin, maupun kedalam sebuah tabung.

·      Mikrometer sekrup merupakan alat ukur ketebalan benda yang relatif tipis,
misalnya kertas, seng, dan karbon. Pada mikrometer sekrup terdapat dua macam skala,
yaitu skala tetap dan skala putar (nonius).
Skala tetap (skala utama): Skala tetap
terbagi dalam satuan milimeter (mm). Skala ini terdapat pada laras dan terbagi menjadi
dua skala, yaitu skala atas dan skala bawah.
Skala putar (skala nonius): Skala putar
terdapat pada besi penutup laras yang dapat berputar dan dapat bergeser ke depan atau ke
belakang. Skala ini terbagi menjadi 50 skala atau bagian ruas yang sama. Satu putaran
pada skala ini menyebabkan skala utama bergeser 0,5 mm.

·         neraca ohaus
Neraca ini berguna untuk mengukur massa benda atau logam dalam praktek
laboratorium. Kapasitas beban yang
ditimbang dengan menggunakan neraca ini adalah
311 gram. Batas ketelitian neraca Ohauss yaitu 0,1 gram.

·         Kaca pembesar adalah benda optik yang berguna untuk mengamati benda kecil agar tampak lebih besar dan jelas dengan menggunakan jenis lensa positif.

·     
Mikroskop adalah alat yang dapat digunakan untuk melihat suatu benda yang jaraknya dekat dengan ukuran yang sangat kecil (mikron) untuk diperbesar agar dapat dilihat secara detil. Sifat bayangan yang terjadi yaitu maya, terbalik dan diperbesar. Biasanya digunakan untuk melihat bakeri, sel, virus, dan lain-lain.


Alat-alat fisika Alat-alat fisika Reviewed by randimahardi on Agustus 26, 2011 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Random Posts

ads 728x90 B
Diberdayakan oleh Blogger.